Minggu, 22 Agustus 2010

Asal Mula Seragam Putih Abu - Abu "the power of putih abu - abu"

Kebanggaan seakan selepas masa Sekolah Menengah Pertama hampir menginjak dewasa, pacar banyak kebijaksanaan meningkat hingga pertemanan yang mulai meluas.

Bagi sebagian besar dari kita hanya mengetahui sebatas Pemakaian Putih Abu-abu belaka tidak hingga nilai historis asal usul Seragam Putih Abu-abu.

Ini bukan sebuah forum perdebatan yang lebih awal telur atau ayam...

namun ini sebuah pencarian identitas sebuah jati diri yang bernama the power of putih abu - abu !!!!

pemakaian seragam putih abu-abu dimulai saat pemerintah memulai program yang menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum baru, kemudian SMA-SMA ini disebut sebagai SMA Teladan yaitu pada tahun 1954 (di pic tahunnya salah). kemudian pada 16 Desember 1957 berdirilah SMA-SMA Teladan yang ada di Jakarta, Medan, Surabaya, Bukit Tinggi dan Yogyakarta didasari oleh SK Mendikbud. SMA-SMA Teladan itulah yang pertama memakai putih abu-abu.

hingga kini seragam dengan warna putih sebagai atasan dan abu-abu sebagai bawahan (celana atau rok) dipakai oleh hampir semua SMA di Indonesia terutama SMA negeri.

dan untuk SMA Teladan tersebut, sekarang menjadi SMA 3 Jakarta, SMA 3 Bukit Tinggi dan SMA 1 Yogyakarta. sedangkan yang di Surabaya dan Medan saya kurang tahu. meskipun sekarang sudah tidak lagi menjadi program pemerintah, namun nama Teladan biasanya masih melekat, seperti SMA 1 Yogyakarta yang biasa dikenal sebagai SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar